Berbagi Itu Indah . . .

25/01/2016

CARA PERANCANGAN STRUKTUR OPERASI SISTEM

Kali ini saya share materi kuliah sistem operasi di program kuliah teknik informatika. ini adalah materi semseter lima atau ganjil kalo saya tidak salah sudah lupa soalnya agan. Tapi semoga bermanfaat, berikut hal mengenai cara perancangan dan struktur sistem operasi.

baca juga artikel di bawah ini : 

Terdapat beberapa cara perancangan dan struktur system operasi, tetapi hamper semua perancangan dan struktur system operasi itu meliputi delapan komponen utama yang sering disebut sebagai lapisan-lapisan (layers). Lapisan-lapisan perancangan struktur system operasi tersebut adalah:

Command Interpreter pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi untuk menterjemahkan instruksi dan perintah yang diberikan oleh pengguna agar sesuai dengan lapisan dibawahnya yang nantinya dapat menggerakkan perangkat keras.

Long-term Scheduler pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi untuk menentukan proses mana yang diperbolehkan memasuki sistem.

Resource Manager pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi mengalokasikan peranti-peranti (komponen) sistem selain CPU dan memori dalam proses eksekusi.

Short-term Scheduler pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi untuk memilih proses berikutnya yang akan dieksekusi oleh CPU.

File manager pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi untuk mengatur peranti-peranti penyimpananfile informasi, seperti disket, hard disk, pita magnetik, compack disk, dan lain sebagainya.

IOCS (I/O Control System) pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi untuk memberikan pelayanan program permintaan masukan/ keluaran dari pengguna.

Memory manager pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi untuk menentukan seberapa banyak memori yang diinstal, dan area mana dari memori yang bisa digunakan oleh pengguna.

Kernel pada perancangan dan struktur system operasi berfungsi sebagai antar muka antara lapis atasnya dengan perangkat keras. Lapisan kernel ini bertanggung jawab mengkordinasi operasi dari semua proses yang berasal dari sistem operasi.


lapisan rancangan struktur sitem operasi
Semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari artikel tentang lapisan-lapisan dalam perancangan sistem operasi dan selamat membaca... terimakasih.


CARA PERANCANGAN STRUKTUR OPERASI SISTEM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "CARA PERANCANGAN STRUKTUR OPERASI SISTEM"