Berbagi Itu Indah . . .

22/01/2016

CARA KERJA DIRECT MEMORY ACCESS ATAU DMA



OKE Gan kali ini saya share materi kuliah saya disini tentang CARA KERJA DIRECT MEMORY ACCESS ATAU DMA. Sebelumnnya kita harus tahu apa itu DMA atau Direct Memory Access dalam SISTEM OPERASI.

DMA adalah sebuah metode untuk mentransfer data dari RAM komputer ke bagian lain dari pengolahan komputer tanpa menggunakan CPU. Meskipun sebagian besar data yang diinput atau output dari komputer Anda diproses oleh CPU, beberapa data tidak memerlukan pengolahan, atau dapat diproses oleh perangkat lain. Dalam situasi ini, DMA dapat menghemat waktu pemrosesan dan merupakan cara yang lebih efisien untuk memindahkan data dari memori komputer ke perangkat lain.
Sebagai contoh, sebuah Sound card mungkin perlu untuk mengakses data yang tersimpan dalam RAM komputer, tapi karena dapat memproses data sendiri, hal itu mungkin menggunakan DMA untuk melewati CPU. Video card yang mendukung DMA juga dapat mengakses memori sistem dan proses grafis tanpa perlu CPU.

Agar perangkat dapat menggunakan DMA (akses memori langsung), mereka harus ditetapkan ke saluran DMA. Setiap jenis port pada komputer memiliki seperangkat saluran DMA yang dapat ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung. Sebagai contoh, sebuah PCI controller dan sebuah hard drive controller masing-masing memiliki saluran DMA set.

CONTOH CARA KERJA EXTERNAL HARDDISK CONTROLLER
Pada motherboard yang sudah memiliki UDMA/66 atau ATA/66 umumnya memiliki chip set tersendiri . Sebagai contoh disini adalah Controller dari Highpoint. Cara kerja controller harddisk pada motherboard pengolahan data dari harddisk ke processor melalui memory computer. Selanjutnya data dari memory diambil ke processor .
Pada penerapan teknologi Highpoint chipset, mengunakan Direct Memory Access (DMA) langsung tanpa memindahkan data ke processor. Sehingga proses pada utilitas (pengerjaan) di processor computer menjadi lebih kecil. Dengan demikian kecepatan pada harddisk dalam mentranfer data akan sangat cepat dan pengunaan processor dapat akan semakin kecil (1-5% tergantung kecepatan processor dan harddisk).


Demikian materi kuliah sistem operasi tentang DMA semoga bermanfaat... terimakasih :D 



CARA KERJA DIRECT MEMORY ACCESS ATAU DMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 Response to "CARA KERJA DIRECT MEMORY ACCESS ATAU DMA"